Baru masuk 2 hari gw langsung disuruh garap event Nonton Bola Bareng
Udah pasti pertama buat konsep dulu
Setelah buat konsep, matengin konsepnya
Terakhir baru deh buat proposal
Dan proposal itu mewakili seluruh apa yang mau kita omongin ke sponsor
Mungkin udah pada banyak yg tahu gimana cara membuat proposal yang baik, dan tepat
Emang sih jujur, gw paling males bikin proposal
Musti ngarang latar belakang, tujuan dsb
Mustu ngeprint, beli kertas glossy buat sampul, nge jilid
Belom lagi kalo ada kata-kata, atau nominal angka yang salah ketik
Pasti akan ada banyak sampah kertas di kamar gw
Dan yang paling biking w jengkel kalo ada tumpahan tinta!
Pokoknya ribet banget deh
Tapi ya mau gimana lagi? Itu udah semestinya kayak gitu
Lain hal kalo kita sebagai pihak sponsor
Pasti sampah yang banyak adalah sampah proposal
Akhirnya proposal nonton bareng gw jadi juga
Beberapa hari setelah itu, kafe pun dapet telepon dari salah satu pihak sponsor
Kita disuruh ke tempat sponsor tersebut, presentasi proposal
Gw kesana berdua sama rekan kerja gw,marketing yang satu lagi, Mas Ridwan
Setelah sampai disana, seperti yang udah gw duga
Kita pun menunggu sang perwakilan sponsor dalam waktu yang lumayan lama (30 menit), dan cuaca yang cukup panas (siang hari jam 13.00), di ruangan yang tidak ber-AC
Yang ditunggu akhirnya muncul juga, teryata namanya Pak Ova
Dia didampingin rekannya juga (gw lupa namanya), jadi pas 2 lawan 2
Mas Ridwan dan gw pun langsung presentasi soal konsep yang udah kita buat
Pokoknya kita berdua berusaha meyakinkan sponsor kalo mereka gak bakal salah mensponsori acara tersebut
Dalam presentasi itu kita memberikan sponsor untuk publikasi dari H-3, dan juga kontrak ekslusif pada saat acara berlangsung, dengan cara hanya menjual produk sponsor danmengharamkan penjualan produk kompetitornya atau yang sama jenis
Akhirnya giliran Pak Ova yang menanggapi
“Mas, gampang buat kita untuk ngejual produk ini… SPG-SPG kita banyak, dan pasti punya cara yang lebih ampuh untuk ngejual produk ini”
“Kita juga nyebarin produk ini di toko-toko lain mas, jadi gak hanya di kafe aja”
“Emang saya yakin, pada saat acara berlangsung produk kita pasti laris manis… tapi masalahnya apakah para konsumen tadi akan berlanjut membeli produk kita?”
“Produk kita ini produk baru lho mas”
“Lebih baik kita support event dengan budget yang lebih kecil aja di tempat mas, tapi event-nya mingguan dan itu continue”
Begitu kalimat per kalimat tanggapan dari Pak Ova
Awalnya gw mikir, loh berarti bukan eventnya yang jelek dong? Tapi produknya yang emang gak bagus
Tapi lama kelamaan gw meng-iya-kan juga kata-kata Pak Ova
Buat apa produk kita laku laris hanya dalam satu hari saja, namun besok-besoknya gak ada yang beli
Yang terjadi adalah dis-continue, sementara yang seharusnya terjadi adalah this is continue
Dan hal seperti itu hanya bisa dilakukan jika kita menembus hati para konsumen, tidak sekedar mulut, mata, hidung dll
Jumat, 15 Mei 2009
Brand Awareness
Diposting oleh
Argadi
di
03.03
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar