Sabtu, 18 April 2009

Restoran Sambel Keabisan Sambel

Beberapa waktu yang lalu gw sama cewek gw nyobain makan di salah satu restoran,
yang notabene menyuguhkan sambal sebagai ujung tombak menu disini
Kalo kata orang iklan sebagai main idea
Namanya aja pake embel-embel sambel
Sebenernya sih gw termasuk supporter SAY NO to SAMBAL,
Tapi gw keburu terbius sama layout dari restoran ini, waktu gw lewat sekitar daerah sana
Nuansanya asri, ciri khas Jogjanya kentel, pengaturan lighting di interiornya juga oke, udah gitu yang dateng lumayan rame
“Kayaknya boleh dicoba nih”, begitu kata gw beberapa hari sebelumnya, saat gw lewat depan restoran tersebut
Jam setengah delapan (waktu yang pas untuk makan malem) gw nyampe sana

Gw : Mas aku mesen ayam bakar sama sambel ati ampela ya
Pelayan : Maaf mas, sambel atinya abis (sambil senyum-senyum melas)
Gw : Yaaaah, kok abis mas…
Gw : Yaudah, sambel atinya diganti sambel tempe aja kalo gitu
Pelayan : Maaf mas, sambel tempenya juga abis (kali ini sedikit nyengir)
(kok bisa sih! Sambel tempe kan gampang banget buatnya… tempe juga termasuk gampang dicari)
Gw : (sedikit kecewa) Lah, abis juga? Kalo gitu sambel tomat aja deh mas (kayaknya gak mungkin abis juga deh)
Pelayan : Wah, sambel tomatnya juga abis mas (kali ini tampangnya keliatan gak enak sama gw)
(halo!! Tomat juga gak punya??)
Cewek gw : (langsung nyelak pembicaraan gw, karena kesel) Abis juga mas??
Cewek gw : Trus yang ada apa aja?? (mulai tinggi nada suaranya)
Pelayan : Sambel bawang…
Gw : (nyelak omongan pelayan tersebut) Yaudah deh, itu aja…
Pelayan : Baik mas, maaf ya mas…
(gak lama kemudian pelayan itu pergi)

Gak habis pikir

Jelas-jelas nama restorannya aja ngegunain kata sambel (maaf ya nggak bisa nyebutin nama restorannya), kok bisa-bisanya justru sambelnya malah yang abis
Kalo dibilang udah kemaleman, nggak juga
Ini kan baru jam setengah delapan malem
Kalo dibilang nggak siap, bisa juga sih
Tapi yang gw tau restoran ini udah lumayan lama buka (sekitar dua bulan)
Pasti dong udah bisa memprediksi tamu yang dateng
Restoran kakaknya temen gw yang baru buka aja udah bisa nyiapin bahan-bahan makanannya buat pengunjung restorannya
Padahal baru buka dua minggu, udah gitu rame terus restorannya
Terus apaan dong alesan restoran sambel ini keabisan sambel?

Kejadian kayak gini mungkin nggak jarang kita temuin
Para pemilik restoran hanya jor-joran aja di penampilan (layout), nama restoran dsb yang hanya berfungsi sebagai ‘sampul’ aja
Tapi ‘dalem’nya gak jauh dari kalimat “maaf mas anunya habis”
Mereka hanya memikat orang untuk dateng, tapi tidak untuk kembali dateng

Nggak cuma restoran aja sebenernya
Banyak orang juga yang berkelakuan kayak gini
Kata Slank : Tong Kosong Nyaring Bunyinya
Dari luar oke, dalemnya memble
Penampilannya kayak eksekutif muda, nggak taunya seorang pengacara (pengangguran banyak acara)
Ngomongnya bapaknya jenderal, nggak taunya pegawai pemda doang
(kasian banget bapaknya ya? Menanggung beban seorang jenderal)
Handphonenya blackberry, nggak taunya itu cuma handphone orang yang lagi diservis
Tapi ya inilah realita
Acap kali kita hanya menyuguhkan cover yang menarik, tapi isinya? Belum tentu
Segampang itu bilang cinta, secepat itu pula selingkuh

Waktu gw mulai kerja, bokap gw berpesan sama gw:
“Biarin orang lain nggak kenal kita, tapi biarlah Allah yang mengenal kita”
Sebuah pesan yang sangat dalem
Sebuah pesan, yang ngebuat gw selalu nge-rem ketika bertindak over

0 komentar: